TRANSLATE THIS BLOG

Translate this page from Indonesian to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Widget edited by Anang

Senin, 28 Desember 2009

PUASA…….PUASA.……PUASA………

Judul
PUASA…….PUASA.……PUASA………

Durasi
50-60 menit

Ide Cerita
KELOMPOK PUASA

Skenario
KELOMPOK PUASA

Tokoh Cerita
PREE : APRIALISDI
DAM : ADAM YANUAR
ZEE : RIZQI FAUZIA
MEY : HUMAIRAH
DONI : DONI T
DOSEN: AZHAR MUTTAQIN


1.INT. MASJID LANTAI 2/SIANG
Zee dan Mey berjalan dengan santai menuju kantor dosen untuk menanyakan tentang cara menentukan awal ramadhan.

MEY
(memasuki kantor dosen sambil mengucap salam)
Asalamu’alaikum Ustad………..

MEY&ZEE
(duduk di depan meja dosen dan mulai menanyakan maksud kedatangan mereka)

ZEE
Bagaimana kabarnya Ustad?

DOSEN
Alhamdulillah baik…..

ZEE
Begini Ustad, saya mau menanyakan
bagaimana caranya untuk menenentukan awal puasa itu?

DOSEN
Oh…..Begini…..awal puasa itu bisa ditentukan
Melalui metode hisab dan ru’yah
Dalam suatu hadist dijelaskan bahwa

Menilik yang disebutkan Ash Habus Sunan dan Ibnu Hibban,
Daraqhutni, Baihaqi, dan Hakim dari Ibnu Abbas, berkata:
Datanglah seorang Baduwi kepada Nabi SAW, maka katanya
“Sungguh saya telah melihat bulan.”
Lalu beliau SAW, bersabda, “Adakah kau bersaksi bahwa
Tiada Tuhan melainkan Allah?”. Jawabnya “Ya”
Sabda beliau saw: “Hai Bilal, undangkanlah kepada orang banyak, supaya esok mereka berpuasa”.
Dan menurut hadist Ibnu Umar r.a katanya: Orang-orang
Sama melihat bulan lalu aku khabarkan kepada Rasulullah saw bahwasanya
Aku melihaatnya. Maka berpuasalah beliau dan menyuruh orang-orang berpuasa juga
(Diriwayatkan oleh Abu Dawud Daraqhutni serta disyahkan oleh Ibnu Hazm)



2.EXT. JALANAN / PAGI BUTA
Orang-orang bersemangat menyambut awal puasa ramadhan dengan penuh kegembiraan. Ditandai dengan bunyi kentongan dan suara membangunkan orang sahur

3.EXT. KANTIN KAMPUS / SIANG
Pree dan Dam sedang menikmati suasana siang hari di kampus sambil menikmati rokok dan makanan. Kemudian datang Mey dan Zee menghampiri mereka

PREE&DAM
(asyik merokok sambil menikmati makanan tanpa memperhatikan sekitarnya)

ZEE
Hm……Hm……Enak nih….siang bolong kayak gini merokok (menyindir)

MEY
Eh……Kalian gimana sih tahu nggak sekarang tuh bulan apa???????

DAM
Emang kenapa??????Ini kan bulan September Dodol….!!!!

PREE
Iya nih…...anak ini aneh…….SEPTEMBER!!!!!!!!
(menyindir dengan suara keras)

MEY
Eh….tapi coba kalian pikir!!!!Ih ni anak diajak ngobrol dari tadi
Nggak nyambung (kesal)

ZEE
Iya ni…..bikin Ezmosi aja!!!!!!!
(mencoba menenangkan diri dan mey)

MEY
Gini lho mas-mas yang cakep…..aku jelasin sedetail-detailnya aja…..ya…..
Hari ini tuh udah masuk bulan puasa…….karena…….

HOST

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”

DAM
Lho……kalian sendiri ngapain disini??????

ZEE&MEY
(saling berpandangan)

ZEE
Kita sekarang lagi nggak puasa karena emang nggak boleh

PREE
Eh……kok gitu sih?????!!!!

MEY
Soalnya kita kan ada rukhsohnya atau keringanan


CUT TO

Menurut sabda Rasulullah SAW: Bukankah wanita itu bila sedang kedatangan haid tidak sholat dan tidak puasa?Jawab mereka: Ya demikian! (Diriwayatkan oleh Bukhari)

Dan menilik kata Siti Aisyah:“Adalah kami pada waktu kedatangan haid, kami diperintah mengganti puasa” (Diriwayatkan oleh Muslim)

PREE
Oh……gitu ya…….Hm…By the way bentar lagi kita masuk nih…….
Daaa………..

PREE&DAM
(berjalan meninggalkan mey&zee)


4.EXT. LUAR KELAS / SIANG
Pree dan Dam duduk di bangku depan kelas untuk menunggu dosen datang sambil menggosip

DAM
Pree aku punya gosip seru!!!!
(suaranya agak pelan)

PREE
Boleh….boleh….Emang apaan????
(tertarik)

DAM
Eh…..tau nggak kemaren tuh…… anak semester I
ada yang ngambil uang+hp salah satu dosen kita lho………

PREE
Hah yang bener Dam????trus….udah ditangkap malingnya????
Wah……kasihan banget ya pak dosen

DAM
Bener Pree aku juga denger gosip ini dari anak semester I
Katanya belum ditangkap sih…..tapi pihak fakultas sudah menyelidikinya

DONI
(datang, kemudian duduk disamping Pree dan Dam)
Eh……ada apa sih???kelihatanya serius amat…….
Wah…..aku tahu pasti kalian ngegosip ya?????
Bulan puasa lho……nggak baik ngegosip…….

DAM
Apa maksudmu!!!!!!
(dengan muka yang agak kesal)

DONI
Pikir sendiri lah……..

PREE
(dengan agak kesal Pree mendorong pundak Doni dengan keras)
Kamu kalo bicara di jaga yach!!

DONI
Emangnya kenapa!!kamu ga terima!!
(dengan suara yang keras)

PREE
Kamu ngajak berantem ama aku!!
Nyalimu sebesar apa berani nantangin aku!!

DAM
Kamu banyak bacot tau!!
(sambil memukul wajah Doni)

PREE & DAM
(pree & dam pun bertengkar hebat dengan doni)

ZEE & MEY
(tiba-tiba datanglah zee & mey)
Ya Allah??kenapa mereka berantem??
Ayo kita lerai mereka!!

ZEE,&MEY
(mereka pun bersama sama melerai Pree & Dam dengan di Bantu orang disekitarnya)

MEY & ZEE
Woey..woey.. apa-apaan kalian ini!!
Ne hari puasa tau!!

PREE, DAM & DONI
(akhirnya mereka pun berhenti berkelahi)

ZEE & MEY
Udahlah Pree.. Dam..kamu tuh dah lama kenal ma Doni??masa kalian bisa tengkar kaya gitu??
Ne kan juga hari puasa,percuma dunk kalian puasa kalo bertengkar kaya gini..??
Iya kan Dam??

DAM
Iya aku tau kalo aku salah!!
Tapi Doni yang mulai duluan!

ZEE
Emang gimana sich ceritanya?

MEY
Iya..
Ko’ bisa-bisanya kalian mukul Doni??

PREE, DAM, DONI, MEY& ZEE
(akhirnya Pree, Dam, & Doni menceritakan kejadian yang sebenarnya kepada Mey&Zee.
Mey & Zee pun mendengarkanya dengan serius)

PREE, DAM, DONI
(saling bermaaf-maafan dan berjabat tangan)

ZEE
Nah gitu dong….ghibah atau gosip di bulan puasa memang
Nggak baik dan bisa mengurangi pahala puasa, sampai-sampai
Bisa menimbulkan perkelahian juga ya kan………..

PREE, DAM, & DONI
(menganggukkan kepala)





5.INT. RUANG KELAS / SIANG

DOSEN
Assalammualaikum wr.wb

PREE, DAM & TEMAN2 LAINNYA
Wa’alaikum salam wr.wb
(dijawab dengan suara yang keras & penuh semangat)

DOSEN
Dihari awal-awal puasa ini saya akan sedikit memberi penjelasan
tentang indahnya berpuasa dan besarnya pahala
bagi yang menjalankannya

DAM & PREE
(Dam duduk terdiam dan memperhatikan pembicaraan dosen dengan menaruh tangan didagunya karena keingintahuannya tentang puasa sedangkan Pree cuek & bermain game di hpnya)

DOSEN
(menjelaskan dengan sangat detail apa puasa itu & setelah penjelasan soal puasa Dosen melanjutkan materi kuliah yang diajarnya. Dan tanpa terasa waktu habis & Dosen pun mengakhiri mata kuliahnya & Dosen pun pergi meninggalkan kelas)

DAM
(berlari mengejar dosen)
Pak makasih

DOSEN
Buat apa??

DAM
Bapak memang is the best..makasih pak buat penjelasan yang tadi tentang puasa??
Saya jadi sedikit sadar..
(dan Dam pun berlari menghampiri Pree)

DOSEN
Apa?sedikit sadar?
(sambil menunjukkan wajah kebingungannya)

PREE & DAM
(pulang bersama menuju tempat kostnya & mereka langsung tidur dengan sangat pulas sampai pagi)


6.INT. KOS / PAGI BUTA
Terdengar suara “sahur….sahur….sahur….” dari masjid tanda masuk waktu sahur. Kemudian Dam melihat jam dinding kamarnya yang menunjukkan pukul 03.30 pagi, segera Dam cuci muka dan bergegas membangunkan Pree

DAM
(tergesa-gesa) Bangun.....bangun….sahur…..

PREE
(membalikkan badan dan membelakangi Dam)
Males Dam…….ngantuk nih…..

DAM
(agak kesal) Pree cepetan sahur……keburu imsak ni……



PREE
Aku tahan kok….puasa nggak pake sahur…..

DAM
Sahur itu berkah dan sunnah Rasul……
Jadi nanti kamu dapat pahala….dan kamu bisa lebih kuat berpuasa….
Ustad kan pernah bilang…..



FLASHBACK
Bilamana kamu akan berpuasa maka sahurlah, dan akhirkanlah waktunya. Bila terbenam matahari, maka cepat-cepatlah berbuka, dengan makan kurma, dan bila tiada ada, minumlah air, dan berdoalah sesudah itu: “Dzahabadh dhamma’u wabtallatil ‘uru-qu wa tsabatal ajru insya-Allah”. Artinya “Semoga haus lenyap, urat-urat segar dan tetap berpahala, insya Allah!”

DAM
Ayo kita sahur…..(menarik tangan Pree)

PREE
Ya udah aku mau sahur……..
karena aku mau mengejar pahala di bulan ini…….
(bergegas bangun)

PREE&DAM
(menuju ruang makan dan mulai sahur)

7.INT. KOS / PAGI
Sebelum berangkat kuliah Dam melihat kue di atas meja, kemudian dia langsung mengambilnya dan mulai memakanya. Tiba-tiba Pree yang baru keluar kamar melihat Dam

PREE
Eh……ngapain kamu Dam??????(bingung)

DAM
Ya sarapan lah…….masak sarapan donk…..(asyik makan sambil bicara)

PREE
Emangnya kamu lupa ya???? Ini kan bulan puasa……
Tadi kita sahur bareng dan kamu yang bangunin aku…..!!!!

DAM
Waduh…….(menepuk dahi) tapi gimana ni aku lupa (sambil makan)

PREE
Lho….kok diterusin makannya!!!!aku kan udah mengingatkan!!!!!!
Harusnya kamu muntahin dong makananya…….

DAM
Yo’ opo iki…..Tapi aku udah kenyang bro hehehe…….
(tersenyum dengan mulut penuh makanan)

PREE
Cepetan kamu muntahin kalau kamu nggak mau batal puasanya (agak kesal)

DAM
(berlari menuju wastefel dan memuntahkan sisa-sisa makanan di mulutnya)



PREE
Ya udah…..kalau yang udah di perut nggak usah dipaksain keluar……
Itu namanya riski yang diberikan Allah kepadamu……
DAM
Yo wiz…..Kalau gitu Alhamdulillah deh…….
Aku bisa sarapan double (tersenyum)

CUT TO
Menurut hadist Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa lupa ia sedang berpuasa lalu makan dan minum, maka sempurnakanlah puasanya, karena sesungguhnya Tuhan Allah lah yang memberi makan dan minum itu kepadanya”. (Diriwayatkan oleh Jama’ah dari ahli Hadist)

Dan menurut yang diriwyatkan oleh Daraquthni dengan lafal: “Apabila berpuasa lalu makan dan minum karena lupa, maka sesungguhnya itulah rizki yang diberikan oleh Tuhan Allah kepadanya dan tidaklah ia kewajiban mengqadla (mengganti)”. (Kata Daraquthni: hadist ini sanadnya shahih”

8.EXT. TERMINAL BUS / SIANG
Zee dan Mey duduk di pojokan terminal sambil berbincang-bincang, untuk menunggu datangnya bus

ZEE
Wah…..panas banget ya.....( mengipas-kipaskan buku)

MEY
Iya….ni….puasa tahun ini panas banget……

ZEE
Ngomong-ngomong tadi pagi kayaknya kamu nggak sahur dech……

MEY
Iya memang sekarang aku lagi nggak puasa

ZEE
Emangnya kamu haid ya????

MEY
Nggak….tapi kalau buat orang yang berpergian seperti aku nggak apa-apa
Nggak puasa……Tapi….aku harus ganti puasa setelah ramadhan
Kamu inget nggak waktu kita ikut pengajian minggu lalu……


FLASHBACK
(Ustadzah membacakan dalil dan menerangkan tentang orang-orang yang diperbolehkan mengqada puasa)








“(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui”

ZEE
Iya….ya…..aku lupa…..Mey….bus nya udah datang tu….
(menunjuk bus)

MEY
Iya……ayo kesana!!!!!Bantuin angkat barang-barangku dong….

ZEE
OK……(mengangkat kardus kecil)

MEY&ZEE
(berjalan menuju bus sambil membawa barang-barang)

9.EXT. TERAS KOS / MALAM
Doni yang berbaju koko duduk di teras kos menunggu Pree untuk pergi ke masjid. Kemudian Dam melihat Doni dan menghampirinya

DAM
Mau ke masjid ya???

DONI
Iya ni lagi nungguin Pree…..

PREE
(berjalan mendekati Dam&Doni)

DAM
Emang ada acara apa di masjid??

PREE
Kita mau I’tikaf Dam……buat tiket ke surga euy……

DAM
O…..kalau mau ngambil tiket ke surga kita perlu I’tikaf di masjid ya???

DONI
Ya…..nggak gitu Dam…..Kita mau berI’tikaf untuk mengejar pahala di bulan ini.
Karena amal baik yang kita buat pahalanya akan berlipat ganda…
Ingat nggak kemaren lusa kita kan pernah ngadain wawancara sama prof ……..tentang
Amal-amal yang utama bila sudah masuk bulan ramadhan dan pahalanya….

FLASHBACK
Bila sudah masuk bulan Ramadhan maka perbanyaklah sedekah dan menderas Al Qur’an dan sembahyanglah Tarawih (shalat malam) sebelas raka’at, serta beriktikaflah pada sepuluh hari terakhir


PREE&DONI
(meninggalkan kos sambil melambaikan tanganya ke arah Dam)





DAM
E……bentar-bentar entenono dhisik po’o…….
(masuk ke dalam kos untuk ganti baju kemudian lari menghampiri Pree dan Restu)


Mereka bertiga berjalan menuju masjid dengan perasaan gembira diselingi dengan joke-joke ringan………..saat itulah terdengar lagu “Alhamdulillah”



10.EXT. KOTA / MALAM
Hari terakhir puasa pun telah usai, terdengar kumandang takbir dimana-mana. Masjid, dan jalan raya pun ramai oleh suasana takbir.


11.EXT. TEMPAT SHOLAT IDUL FITRI / PAGI
Allahu akbar..Allahu akbar..Walillah hilham. Hari raya idul fitri pun tlah tiba. Pree dan Dam pun bersiap-siap melaksanakan sholat id

DAM
Hai Pree..??
Ayo bangun, kita sholat idul adha..??

PREE
Apa????
Berarti sekarang kita makan daging kambing ma sapi dunk??
Asyiiikk
(dengan wajah yang ceria)

DAM
Apa??makan daging kambing ma sapi??
(dengan kebingungan dam berpikir)
Ehhmmm…bukan idul adha, maksudku idul fitri??
(sambil memegangi kepalanya)

PREE
Oooo..Aku kira waktumya bakar sate,bukan harinya toh dam??


DAM
Bukan pree,aku salah bilang..
(sambil tertawa)

PREE & DAM
(mereka pun bergegas mandi dan berangkat ke lapangan untuk melaksanakan sholat idul fitri)

PREE & DAM
(mereka bersama-sama orang yang sholat idul fitri di lapangan, sholat dengan kusyuk & setelah selesai sholat)

PREE
Dam?

DAM
Apa?






PREE
Maapinb kesalahan kesalahanku selama ini yang pernah aku perbuat yah??
Baik disengaja maupun tidak??

DAM
Iya..aku juga yah??
Sekarang mulai dari nol lagi yah??

PREE
Iyahhh..
Kita impas..


STOP MOTION
END


















































SKENARIO
FIQH IBADAH

“PUASA”













Disusun oleh:

Kelompok Puasa



APRIALISDI (071200 )
ADAM YANUAR (071200 )
RIZQI FAUZIA (07120029)
HUMAIRAH (071200 )
DONI T (071200 )




JURUSAN SYARIAH
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar