TRANSLATE THIS BLOG

Translate this page from Indonesian to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Widget edited by Anang

Kamis, 06 Januari 2011

CARA MENDAPATKAN UANG DARI BLOG

CARA MENDAPATKAN UANG

DARI BLOG

Melek Internet

Apa yang dimaksud dengan melek internet? Maksudnya anda tidak harus menjadi seorang programmer, tetapi anda perlu memahami berbagai macam teknologi internet. Pemakaian teknologi itu tergantung pada tema blog anda dan arti menguangkan blog itu sendiri bagi anda. Tetapi secara umum saya membuat daftar yang umum dipakai:

  • Blog publishing software
  • HTML/CSS
  • Blog comments
  • RSS/syndication
  • Feed aggregators
  • Pings
  • Trackbacks
  • Full vs. partial feeds
  • Blog carnivals
  • Search engines
  • Search engine optimization (SEO)
  • Page rank
  • Social bookmarking
  • Tagging
  • Contextual advertising
  • Affiliate programs
  • Traffic statistics
  • Email
  • Tambahan: podcasting, instant messaging, PHP atau bahasa pemrograman lain

Jika anda ingin menjual produk yang bisa di-download seperti ebook, maka anda bisa menambahkan e-commerce, SSL, digital delivery, fraud prevention, dan online database ke dalam daftar. Sekali lagi, anda tidak perlu menjadi seorang programmer, anda hanya membutuhkan pemahaman teknologi dasar. Meskipun anda memperkerjakan seseorang yang bisa mengatasi kekurangan anda tetapi anda sendiri harus tahu strategi apa yang anda inginkan.

Kurangnya pemahaman ini akan menyebabkan anda gagal memperoleh pendapatan secara online. Sebagai contoh, jika anda tidak mengetahui tentang search engine optimization (SEO), maka peringkat website anda akan berada di bawah orang yang lebih pandai tentang SEO. Menguangkan sebuah blog adalah tindakan menyeimbangkan. Anda perlu menyeimbangkan kebutuhan anda, pengunjung anda, search engine, orang yang link kepada anda, situs social bookmarking, pengiklan, program afiliasi, dan lain-lain. Hal kecil seperti judul halaman web menjadi sesuatu yang sangat penting. Saya ingin judul halaman bisa menarik banyak pengunjung, mendorong peningkatan peringkat, dll. Keahlian kecil ini bisa mendorong pertumbuhan lalu lintas website tiap bulan. Dan masih terdapat banyak lagi keahlian yang diperlukan untuk memaksimalkan website anda.

Lalu lintas, lalu lintas, lalu lintas

Tiga hal paling penting yang paling anda butuhkan untuk menguangkan blog anda adalah lalu lintas, lalu lintas, lalu lintas. Mengapa lalu lintas itu begitu penting? Karena pemasukan uang anda berjalan karena lalu lintas. Jika anda melipat duakan lalu lintas, maka pendapatan anda mungkin bertambah dua kali lipat. Jika lalu lintas website anda tinggi maka anda sulit untuk gagal.

Sebaiknya anda tidak menguangkan situs anda pada beberapa bulan pertama, tetapi fokuslah hanya untuk membangun lalu lintas. Waktu pembangunan lalu lintas bahkan bisa mencapai 19 bulan.

Lalu lintas adalah bahan bakar utama untuk pemasukan uang secara online. Semakin banyak pengunjung berarti semakin banyak klik, penjualan produk, penjualan afiliasi, sumbangan, dan apapun yang menghasilkan uang. Dan ini juga berarti anda semakin banyak menolong orang.

Tingginya lalu lintas akan meningkatkan peluang yang tidak adan didapatkan oleh situs yang lalu lintasnya rendah. Situs yang populer memiliki keuntungan yang serius. Semakin banyak lalu lintas situs anda maka semakin banyak anda bisa menarik pengunjung. Jika anda cerdas dan melek internet, maka anda seharusnya bisa membuat website yang punya lalu lintas tinggi.

Bagaimana cara meningkatkan lalu lintas website?

BlogCarnival: Ambil keuntungan penuh dari blogcarnival dengan mengirim artikel terbaik anda secara periodik. Carnival adalah cara mudah untuk mendapatkan link dan lalu lintas dan semua gratis. Mengirimnya hanya memerlukan waktu beberapa menit. Jangan mengirim isian SPAM, kirimkan yang sesuai dengan isian anda. Carnival itu seperti klub lawak yang memberikan kesempatan kepada pelawak baru atau amatir untuk memperlihatkan keahliannya.

Apakah meletakkan iklan di situs anda bisa mengurangi tingkat lalu lintas situs anda?

Inilah ketakutan yang umum terdengar bila orang ingin menguangkan website mereka. Menaruh iklan akan mengurangi lalu lintas saya. Iklan akan membuat orang menjauh, dan tidak akan pernah kembali. Ya, semua itu SALAH. Entah itu iklan, atau link sumbangan, semua itu tidak akan mempengaruhi tingkat lalu lintas situs anda. Bahkan anda akan mendapat kunjungan yang mungkin akan mengkritik posisi iklan anda. Masukan itu bisa anda pertimbangkan sebagai saran baik untuk menghapus atau merubah tata letak iklan anda. Jika anda mengabaikannya maka tingkat kunjungan ke situs anda akan jauh berkurang. Mungkin ketakutan itu terjadi karena sudah terlalu banyak iklan online yang ada di banyak situs sehingga mereka mencari situs yang bebas iklan. Tetapi sebenarnya jika sebuah situs memiliki isian yang bernilai maka mereka akan datang kembali, dengan mengabaikan apa pendapat publik. Uang dari iklan yang anda dapatkan bisa anda gunakan untuk memperbaiki layanan pada situs anda. Jadi, semakin banyak pemasukan = semakin baik pelayanan.

Sumber pemasukan yang beragam

Anda tidak perlu menaruh semua telur dalam satu keranjang. Pikirkan untuk mendiverisifikasikan sumber pemasukan secara beragam. Di bawah ini terdapat daftar yang bisa anda gunakan:

  • Iklan Google Adsense (PPC dan PPI)
  • Sumbangan (lewat PayPal atau cek)
  • Iklan baris
  • Iklan Chitika eMiniMalls (PPC)
  • Program afiliasi seperti Amazon dan LinkShare (komisi penjualan)
  • Iklan manual (Pengiklan menghubungi anda langsung. Waktu edar iklan bisa 3 bulan atau lebih)

Software dan hardware untuk membuat blog

Saya rekomendasikan anda menggunakan WordPress karena mereka punya banyak kemampuan dan program antar muka. Dan lagi -- gratis. Anda juga bisa merubah kode HTML, CSS, PHP, dan MySQL untuk melakukan hal-hal yang kreatif. Saya tidak merekomendasikan menggunakan layanan hosting lain seperti Blogger, jika anda memang bermaksud menguangkan blog anda, karena anda tidak punya banyak pilihan kendali di dalamnya.

Jika anda ingin punya kekebasan dalam mengendalikan semua kemampuan maka anda bisa menggunakan web hosting murah seperti Pair.com. Ini cocok untuk pemula. Sangat handal dan layanan yang baik. Jika lalu lintas website anda semakin berkembang, maka anda bisa pindah memakai dedicated server atau a virtual private server (VPS) seperti ServInt.

Memakai komentar atau tidak?

Anda bisa membuat tulisan yang bisa mengundang banyak pertanyaan dan diskusi. Tetapi jika anda bertanya apakah anda betul-betul membutuhkan komentar di blog anda? Tentu saja tidak. Sama halnya seperti meletakkan iklan, tidak ada pengaruh apapun terhadap lalu lintas website jika anda memang berniat menghapus fungsi komentar ini. Tetapi saya tahu bahwa banyak orang merasa bahwa blog tanpa komentar, bukanlah sebuah blog. Tetapi itu juga tidak masuk akal, karena tidak ada data yang mendukungnya. Kebanyakan pembaca blog tidak membaca atau mengirimkan komentar, hanya sedikit sekali yang melakukannya. Beberapa blogger berkata bahwa komentar bisa menolong meningkatkan lalu lintas, tetapi tidak ada bukti mengenai hal tersebut. Komentar justru akan mengurangi keinginan untuk menulis artikel baru. Mendapatkan link dari blog orang lain itu justru lebih baik.

Jika anda mau membuat module komentar untuk alasan bersosialisasi atau membuat kontak baru, ya silahkan saja. Tetapi jangan mengasumsikan bahwa komentar itu penting untuk meningkatkan angka kunjungan ke situs anda.

Selain itu jangan membatasi website anda hanya pada blog, tetapi bangunlah website anda. Sebagai contoh, perlihatkan semua bagian dari situs anda, termasuk memisahkan blog, audio, video, dll. Banyak orang tidak tahu blog itu apa, jadi jika seluruh isi situs anda adalah blog maka orang akan sedikit bingung.

Uji dan maksimalkan

Pada tahap awal, anda tidak akan tahu program penghasil uang mana yang terbaik bagi anda. Jadi, cobalah apapun yang menurut anda masuk akal. Jika anda belajar program penghasil uang baru, lakukan tes selama 1-2 bulan, dan ukur hasilnya. Hentikan program yang menurut anda tidak jalan atau macet, dan optimalkan program yang menghasilkan hasilnya menjanjikan.

Anda bisa mencoba Adsense yang terbukti bekerja sangat bagus. Jika anda mau meningkatkan pendapatan anda, maka yang perlu anda lakukan adalah memodifikasi latar iklan anda menjadi lebih bagus. Lakukan tes dan optimasi terhadap latar iklan anda, dan pilih yang membuat hasil lebih banyak. Sebagai blogger, anda seharusnya selalu bereksperimen dengan sumber-sumber pemasukan baru. Jika anda tidak mencoba dalam 6 bulan pertama, maka anda sudah banyak kehilangan kesempatan emas. Setiap blog itu berbeda-beda, sehingga anda perlu mengujinya untuk melihat mana saja yang hasilnya paling baik.

Pilih topik kesukaan anda

Tulislah topik kesukaan anda jika anda memang mempunyai keahlian khusus, dan jangan lakukan setengah-setengah. Jika topik anda mempunyai cakupan yang luas maka anda berpotensi menarik banyak pengunjung.

J angan pilih sebuah topik hanya karena anda pikir topik itu menghasilkan uang banyak. Saya lihat banyak blogger melakukan hal tersebut dan cara ini hampir pasti akan selalu menemui kegagalan. Pikirkan hal yang paling anda sukai, lalu temukan sebuah jalan agar bisa menarik banyak pemirsa. Jelaskan kepada pengunjung anda, apa sebenarnya tema situs atau blog anda.

Kirimkan artikel secara sering dan panjang

Blogger memiliki beragam pendapat yang berbeda mengenai panjang dan durasi pengiriman artikel. Beberapa blogger berkata bahwa yang terbaik adalah artikel pendek (250-750 kata) dan pengiriman 20x per minggu. Saya lebih memilih artikel panjang (>1500 kata) karena daripada membuang-buang banyak tips yang bagus, maka lebih baik saya membuat artikel yang lebih mendalam. Saya menemukan fakta bahwa artikel yang panjang lebih baik dalam meningkatkan lalu lintas dan peringkat. Memang benar bahwa pembacanya hanya sedikit, tetapi mereka yang menikmati akan membawa kenangan atau nilai yang mendalam.

(http://www.goblogin.com/index.php/component/content/article/339-blogging/1988-bagaimana-cara-mendapatkan-uang-dari-blog)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar